Cara Perbaiki Error "Unfortunately BBM Has Stopped" Di Android

Cara Perbaiki Error "Unfortunately BBM Has Stopped" Di Android - Sebenarnya, Bukan hanya Aplikasi BBM yang sering mengalami masalah ini di perangkat android anda, tapi hampir semua aplikasi dengan ekstensi Apk, bisa saja mengalami error serupa, seperti yang pernah saya bahas pada blog ini, dengan judul error unfortunately has stopped ini pada Google Play. dan error ini memang menjadi ciri khas dan paling sering dikeluhkan oleh para pengguna.

Sebenarnya, banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya error ini pada aplikasi anda, bisa jadi karena anda tidak memperbarui versi terbaru, error yang memang karena bugs aplikasi dan yang terakhir file cache yang terdapat pada aplikasi BBM sudah sangat besar sehingga membuatnya lambat untuk meload konten dan menyebabkan error "Unfortunately BBM Has Stopped", Tapi kebanyakan yang menyebabkan masalah ini adalah faktor yang ketiga yaitu Cache yang menumpuk banyak.

Cara Perbaiki Error "Unfortunately BBM Has Stopped" Di Android
Setiap aplikasi apapun yang anda gunakan pada perangkat android, secara otomatis akan menyimpan cache dan akan bertumpuk semakin banyak seiring berjalannya hari, menurut defenisi file cache adalah tempat menyimpan data untuk sementara, dengan tujuan untuk mempercepat transfer data yang sudah anda buka sebelumnya.

Mungkin anda akan panik jika Unfortunately BBM Has Stopped, karena setiap kali anda membuka aplikasi BBM tiba-tiba saja muncul pemberitahuan mengenai masalah ini, dan tentu saja anda tahu juga jika secara otomatis aplikasi BBM akan tertutup juga. sangat menjengkelkan memang pada situasi tertentu, Apalagi jika Aplikasi BBM menjadi alat komunikasi utama anda dan sering anda gunakan.

Lalu, jika file cache yang terdapat pada aplikasi BBM di Android yang menjadi penyebabnya error ini, bagaimana untuk memperbaikinya? sebenarnya cukup mudah karena sistem operasi android telah menyediakan opsi ini untuk membersihkannya secara manual dan berkala. Atau anda bisa memngikuti panduan di bawah ini, jika anda belum mengetahuinya, dan memperbaiki Error "Unfortunately BBM Has Stopped" Di Android anda.

Step 1: Tutup aplikasi BBM, lalu silahkan anda membuka Aplikasi Setting pada perangkat android anda.

Step 2: Setelah terbuka, silahkan anda menuju Bagian "Apps", pada bagian ini semua aplikasi yang anda terbagi beberapa kategori, preinstalled, downloaded dan Running. Karena BBM merupakan aplikasi pihak ketiga yang anda download melalui Play store, jadi anda bisa menemukannya pada Tab downloaded.

Step 3: Tap pada icon BBM, untuk menampilkan detail tentang aplikasi ini,  di sana juga anda menemukan opsi "Clear Cache", silahkan tap bagian tersebut untuk membersihkan file cache BBM anda. Tapi terlebih dahulu anda harus memilih "Paksa Berhenti atau Force Stop" Aplikasi ini sebelum melakukannya.

Setelah anda melakukan tiga langkah diatas, silahkan buka kembali aplikasi BBM dan error yang mengganggu anda anda tidak akan tampil lagi. Namun, jika cara diatas masih belum menyelesaikan masalah ini, sialhkan pilih "Clear Data" yang terletak pada  tepat di atas "Clear Cache". Perlu anda ketahui dengan memilih opsi tersebut semua data-data termasuk akun anda akan terhapus dari BBM, dan mengharuskan anda untuk kembali login dengan email dan password anda. sebaiknya hati-hati menggunakan Opsi tersebut, jika anda tidak mengingat detail akun anda.
5 Komentar untuk "Cara Perbaiki Error "Unfortunately BBM Has Stopped" Di Android"

Saya udah ngelakuin cara2 diatas termasuk reinstall malah ampe 3 kali, tapi masih stopped working, caranya gimana lagi?

Coba gunanakan BBM versi Lama, krn biasanya faktor hardware yang tidak mampu

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top