Cara Install File APK Game dan Aplikasi Secara Manual di Smartphone Android

Cara Install File APK Game dan Aplikasi Secara Manual di Smartphone Android - Kita semua sudah mengetahui jika Google play store, bukan satu-satunya penyedia Aplikasi dan game untuk smarphone android anda, di internet anda bisa menemukan, berbagai macam jenis file Apk dengan memasukan keyword tertentu pada mesin pencari, dan selanjutnya anda bisa memilih dan download dari situs-situs penyedia atau web developer secara langsung, tanpa harus melalui Google play store. lalu bagaimana cara menginstall file apk secara manual di android?

Selain itu, sebenarnya anda juga bisa mendownload aplikasi atau game melalui komputer dengan mudah,  setelah anda selesai mendownload aplikasi atau game yang anda inginkan, ekstensi file tersebut akan berbentuk .apk atau singkatan dari android package manager.

Cara Install File APK Game dan Aplikasi Secara Manual di Smartphone Android

Untuk menginstall cukup mudah anda hanya perlu memindahkan file Apk tersebut dari komputer ke perangkat android anda. kemudian, mencari file apk, yang telah dipindahkan sebelumnya, dan tap pada file, pada proses selanjutnya anda hanya perlu melakukan perintah yang tampil pada layar smarphone anda, biasanya berupa next-next hingga proses installasi selesai.

Tapi sebelumnya anda yang anda atur terlebih dahulu, agar aplikasi yang anda dapatkan dari luar google play store bisa terinstall pada perangkat android anda, yaitu anda perlu mengaktifkan fitur "Unknown Source" yang terdapat pada pengaturan masing-masing perangkat anda. Android OS dilengkapi dengan fitur secara default mencegah atau tidak mengizinkan aplikasi yang tidak diketahui sumbernya, karena alasan keamanan. Tapi sepertinya juga google juga tidak membatasi pengguna, dengan syarat, resiko anda tanggung sendiri.

Berbeda, jika anda mendownload aplikasi, game atau buku langsung dari Aplikasi  Google play store, proses download terjadi dalam aplikasi, dan setelah proses download selesai, secara otomatis akan terinstall dengan sendirinya. karena semua aplikasi dan game yang terdapat pada google play, telah melalui review team tertentu dan sumbernya jelas.

Sebelum anda menginstall file Apk di smarphone android anda, anda juga perlu berhati-hati, karena tidak semua file Apk yang bertebaran di internet itu aman dan bisa saja file apk yang telah anda download kemudian ingin anda install telah dimodifikasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyisikan malware atau sejenisnya, ini bisa berakibat keamanan data pada smartphone android anda terancam.

Saran saya, sebaiknya pilih penyedia file apk di internet yang sudah terpercaya, atau download file Apk langsung dari google play store dengan menggunakan PC atau laptop.  selain aman, bisa juga mempercepat proses download dan menghemat kuota data, anda juga tidak perlu email sebagi syarat untuk bisa memasang aplikasi.
0 Komentar untuk "Cara Install File APK Game dan Aplikasi Secara Manual di Smartphone Android"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top