Cara Perbaiki Error "Unfortunately, Google play store has stopped" di Smartphone Android

Cara Perbaiki Error "Unfortunately, Google play store has stopped" di Smartphone Android - Setiap perangkat Android memiliki sebuah toko aplikasi yang dikenal dengan Google play store, Aplikasi ini merupakan tempat ditampungnya semua aplikasi, games dan buku digital yang dibuat oleh developer android di seluruh dunia. diantara aplikasi dan game tersebut, ada yang berbayar dan ada pula yang bisa anda dapatkan dengan gratis.

Karena Google play store adalah salah satu aplikasi yang dianggap cukup penting, dan sangat dibutuhkan. terkadang aplikasi ini, bisa mengalami crash atau kerusakan, sehingga ketika anda mencoba untuk mengaksesnya, anda akan mendapatkan pesan error, salah satunya adalah "Unfortunately, Google play store has stopped".


Error tersebut cukup membuat kita kesal, karena setiap anda membuka aplikasi PlayStore akan tertutup dengan sendirinya, sehingga menghambat anda untuk mendonwload dan menginstall aplikasi yang anda inginkan. sebenarnya meskipun tanpa aplikasi Playstore di smartphone android anda, sebenarnya anda masih bisa menginstall aplikasi di luar playstore, tapi cara tersebut harus menggunakan bantuan Komputer atau PC. ( Cara Download File APK Android dari GooglePlay Melalui PC atau Mac)

Error ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya disebabkan oleh chace, memory internal penuh, sistem android yang rusak dsb. Nah jika saat ini sedang mengalami masalah ini di smartphone android anda, anda tidak perlu khawatir, karena pada postingan ini, akan dibahas tuntang cara mengatasi error  "Unfortunately, Google play store has stopped" di Smartphone Android.

Step 1 : Buka aplikasi Setting yang terdapat pada smarphone android anda.

Step 2 : Selanjutnya, Scroll ke bawah hingga anda menemukan bagian Apps/Apps Mananger.

Step 3 : Temukan "Google Play Store/Google Play Service", kemudian Tap pada aplikasi tersebut.

Step 4 : Anda harus memaks berhenti aplikasi ini, dengan cara menekan "option Force Stop atau paksa berhenti"

Step 5 : Hal ini yang paling pengting, silahkan tap " Hapus Cache atau Clear cache".

Setelah anda melakukan 5 point-point diatas, silahkan restar smarphone android anda. Bila sudah kembali normal, selanjutnya silahkan login dengan akun Gmail anda.

Setiap Aplikasi yang terdapat pada smarphone android memiliki Cache, yang semaking hari akan semakin besar, seiring dengan intensitas penggunaan aplikasi tersebut. semakin besar cache yang dimiliki sebuah aplikasi maka, semakin besar kemungkinan akan mengalami crash seperti yang dibahas pada artikel ini. Banyak orang yang kurang menyadari akan hal ini, sehingga mereka tidak peduli untuk membersihkan cache yang sudah menumpuk pada smarphone android mereka.
2 Komentar untuk "Cara Perbaiki Error "Unfortunately, Google play store has stopped" di Smartphone Android"

Bro, apakah setelah melakukan clear cache akan menghapus data save game seperti coc dll?

klu cuma clear cache nggak akan hapus akun kok, jadi aman, kecuali clear data ini baru semuanya terhapus kecuali aplikasinya, artinya aplikasinya kembali seperti pertama kali didownload dari Play store

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top