Cara Melakukan Overclock Pada Smartphone Android

Cara Melakukan Overclock Pada Smartphone Android - Seperti yang kita ketahui selama ini, Sistem operasi android selama ini mengusung Open source,  sama seperti dengan linux, android juga dapat anda modifikasi sesuka hati anda asalkan sudah mendapatkan status root, kenapa android sangat erat dengan linux,  bisa dibilang android adalah anak dari OS linux yang telah dimodifikasi untuk bisa digunakan diperangkat smartphone.

Salah satunya yang bisa anda rubah adalah mempercepat atau memperlambat kenrja frekuensi prosesor yang terdapat pada perangkat android diluar dari yang sudah ditentukan oleh vendor atau dikenal dengan istilah lebih dikenal sebagai Overclock, dengan merubah parameter sistem. Tujuannya adalah mendapatkan kinerja maksimal perangkat seperti yang anda harapkan.

Cara Melakukan Overclock Pada Smartphone Android
Beberapa orang Melakukan Overclock Pada Smartphone Android, karena menganggap kinerja perangkat android mereka dinilai sudah melambat, atau ingin mendapatkan kepuasan dalam bermain game-gema HD yang berat dan sesuai dengan kebutuhan yang lain. Akan tetapi semua hal tersebut bisa dilakukan jika smartphone android anda sudah root, bisa dibilang ini adalah salah satu keuntungan root itu sendiri. Jika anda mengalami peristiwa yang serupa anda alternatif yang bisa anda gunakan adalah Overclock.

Jika kita diligat dari segi manfaat, Melakukan Overclock Pada Smartphone Android, memang sangat jelas, akan tetap melakukan kegiatan ini di perangkat anda, juga terdapat resiko, seperti daya baterai yang lebih cepat habis dan perangkat anda akan cepat panas. hal ini memang sangat wajar terjadi, semakin cepat kinerja dapur pacu, juga akan mengkonsumsi daya yang lebih. resiko yang paling parah, bisa membuat perangkat anda mati total atau bootlooph dan tidak bisa masuk kedalam sistem.

Step 1 : Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan root pada perangkat android yang ingin anda Overclock, karena aplikasi yang akan kita gunakan membutuhkan akses super user untuk merubah parameter sistem. Silahkan ke artikel ini untuk informasi tentang root

Step 2 : Setelah perangkat anda mendapatkan status root, selanjutnya anda harus mendownload aplikasi No-frills CPU control dari Play Store, aplikasi ini gratis, sebenarnya masih banyak jenis aplikasi serupa, namun untuk kali ini kita menggunakan aplikasi ini.

Step 3 : Setelah menginstall No-frills CPU control pada perangkat android anda, silahkan anda buka aplikasi tersebut dan berikan akses root. berikut penjelasan No-frills CPU control.


Max. Clock frequensi, Menampilkan batas maksimal dari Clock frequensi prosessor perangkat android anda Contohnya 2.0 GHz

Min. clock frequensi, Menampilkan kebalikannya yaitu batas minimal dari Clock frequensi prosessor perangkat android anda Contohnya 800 MHz.

Note : Anda bisa mengatur keduanya sesuai kebutuhan anda, tapi ingat resiko bukan tanggung jawab penulis

Governor, saya kurang paham tentang ini karena masing-masing scalling meiliki fungsi yang berbeda, tapi sebaiknya anda pilih "Ondemand" atau "Interactive" karena keduanya yang paling banyak digunakan pengguna, karena dianggap memberikan kinerja seimbang anatara baterai dengan sistem.

I/O scheduler, kalau ini sebaiknya biarkan saja tetap default, karena dianggap tidak terlalu berpengaruh pada sistem.

Setelah anda menentukan pengaturan overclock, anda bisa mengaktifkannya saat pertama kali anda menyalakan perangkat anda dengan mencentang pilihan " Apply On Boot", jadi anda tidak perlu lagi membuka aplikasi tersebut dan mengatur ulang.
0 Komentar untuk "Cara Melakukan Overclock Pada Smartphone Android"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top