Pentingkah Melakukan Root pada Perangkat Android?

Pentingkah Melakukan Root pada Perangkat Android? - Jika anda pengguna baru atau lama smartphone dengan dukungan android OS, mungkin anda pernah menemukan kata root sangat akbrab dikaitakan dengan OS besutan Google ini, Jika kita semak dengan seksama, memang kata Android dan Root sepertinya memang terlahir sepaket dan tak terpisahkan di dunia ini.

Namun mungkin anda bertanya, apa yang dimaksud dengan root pada OS android? jika diartikan secara bahasa istilah root adalah akar, karena android bersifat open source atau terbuka untuk siapa saja untuk melakukan modifikasi, mengganti, menambah, mengurangi atau merubah file sistem termasuk fitur-fitur default yang ada didalamnya. Nah untuk bisa melakukan semua itu dibutuhkan akses root, sebagai super user yang bisa mengkases penuh sistem operasi.

Pentingkah Melakukan Root pada Perangkat Android?
Lalu apakah setiap ponsel atau smartphone android wajib mendapatkan status root? sebenanrnya ini tergantung pada keputusan masing-masing orang saja, karena sebanarnya melakukan aktivitas ini ada keuntungan dan kerugian yang anda dapatkan, salah satu kerugian tersebut, hilangnya status garansi dari vendor smarphone anda, atau kata lain vendor yang merilis smartphone anda tidak bertanggung jawab lagi, jika suatu hari perangkat android anda terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama masa garansi.

Namun selain kerugian yang saya jelaskan diatas, pastinya ada juga keuntungan yang didapatkan pengguna jika melakukan root pada perangkat android mereka, seperti menjalankan beberapa aplikasi keren yang bisa ditemukan di Play store, Namun hanya bisa berfungsi secara penuh pada perangkat Android yang sudah root.

Selain itu, anda juga bisa mengganti theme pada smartphone android anda yang tersedia jutaan di internet. Root juga bisa berbahaya jika dalam proses mengalami kegagalan, ini akan menyebabkan perangkat anda terjebak di boot logo atau instilahnya bootloop.

Apakah perangkat yang sudah root bisa merusak sistem operasi pada smartphone? mungkin ini juga menjadi pertanyaan anda, ini bisa saja terjadi karena status root memberikan akses penuh kepada user terhadap sistem operasi, sehingga pengguna bisa dengan mudah mengakses file-file inti (baca :Sensitif), saran saya, jika anda tidak terlalu mengerti dengan file-file tersebut, sebaiknya jangan anda otak atik, kecuali anda mengikuti sebuah tutorial di internet atau bertanya pada orang yang sudah berpengalaman di bidang tersebut.

Mungkin pembaca blog ini akan meminta pendapat pribadi saya tentang pentingkah melakukan root pada perangkat android? kalau saya sendiri, itu penting. Kenapa saya anggap itu penting, karena seperti yang saya jelaskan keuntungan root diatas, meskipun harus mengorbankan status garansi HH yang saya miliki, tapi rasanya itu tidak masalah, selama saya tidak mengganggu file system ini dari android. jadi saya menganggap jika Perangkat android tanpa root seperti mobil mewah dengan interior yang sederhana.

Tapi semua tetap dikembalikan kepada keputusan masing user, Smartphone android sudah cukup keren meskipun anda tidak melakukan root, karena anda masih bisa mengakses file manager dan menjalankan aplikasi-aplikasi keren yang jumlahnya ribuan di Play store.
0 Komentar untuk "Pentingkah Melakukan Root pada Perangkat Android?"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top