Cara Root Smartphone Android dengan Aplikasi FramaRoot Tanpa PC

Cara Root Smartphone Android dengan Aplikasi FramaRoot Tanpa PC - Kata root mungkin sudah sangat familiar di telinga para pengguna smarphone android, yah, Android dan root merupakan sebuah kata yang tak terpisahkan dan sangat identik. mengapa demikian karena android merupakan sistem operasi yang berbasis open source. yang berarti anda bisa melakukan modifikasi, mengakses file super user, sesuka hati anda.

Saat ini, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk melakukan root pada perangkat android anda tergantung dari merek dan versi OS yang anda jalankan, ada yang membutuhkan PC/komputer atau laptop, dan ada juga yang bisa anda lakukan langsung pada perangkat anda, dan khusus untuk artikel ini, kita akan membahas cara root smartphone android denganAplikasi FramaRoot Tanpa PC.

Apa kuntungan dengan melakukan root pada smarphone android? ada banyak sekali keuntungan, jika dibandingkan dengan smarphone android standar tanpa root, salah satunnya, di Googleplay store ada begitu banyak aplikasi yang menarik tapi untuk bisa menjalankannya di OS android anda mengaruskan syarat super user, dimana harus melakukan root terlebih dahulu. itu saya satu diantara banyak keuntungan melakukan root. saya tidak akan mengulas panjang lebar tentang keuntungan melakukan root pada artikel ini,  anda bisa membaca artikel Pengertian dan Fungsi Root Pada Perangkat Berbasis Android OS untuk lebih jelasnya.

Namun, terlepas dari itu semua, tentunya melakukan root juga memiliki resiko dan kekurang tersendiri, seperti pihak vendor yang merilis smartphone android akan menghanguskan garansi, jika suatu hari perangkat android anda rusak, karena mereka menganggap kerusakan tersebut diluar dari tanggung jawab mereka. disamping itu juga, terkadang smartphone android dengan status rooted, akan lebih rentang dengan malware, gampang crash atau bootlooph.

FramaRoot merupakan sebuah file dengan ekstensi .apk yang bisa anda install langsung pada perangkat anda, yang berfungsi untuk root dengan mudah, tanpa menbuhkan media seperti komputer atau laptop. jadi terkesan cukup praktis.

Aplikasi FramaRoot memang mendukung berbagai jenis mereka smarphone android dan versi OS. tapi perlu anda ketahui jika FramaRoot terkadang belum support dengan perangkat tertentu, karena biasanya developer belum menemukan celah exploit sehingga aplikasi FramaRoot tidak diperbarui untuk support dengan perangkat tersebut.

Untuk mengetahui status support atau tidaknya sebuah perangkat dengan FramaRoot, anda bisa mengakses halaman ini, disana tersedia daftar merek smartphone android dan versi dari aplikasi dari FramaRoot yang harus anda gunakan untuk melakukan root.

Melakukan root dengan FramaRoot, sebenarnya cukup mudah, anda hanya perlu menginstall aplikasi ini di perangkat anda kemudian menjalankannya dan setelah perangkat anda reboot dan kembali normal maka smartphone anda sudah berubah dengan status rooted. ini juga bergantung pada berhasil atau tidaknya proses root itu sendiri.

Cara Root Smarphone Android dengan Aplikasi FramaRoot Tanpa PC


Step 1: Silahkan anda download FramaRoot versi terbaru atau sudah support dengan smartphone anda melalui Link ini.

Step 2: Anda bisa mendownloadnya langsung di perangkat anda, atau mendownloadnya melalui PC atau laptop kemudian meng-copynya ke SD card, bisa dengan menyambungkan perangkat android anda dengan usb kabel ataupun mengirimnya dengan fitur bluetooth.

Step 3: Agar bisa menginstall FramaRoot di smarphone android anda, sebaiknya anda lakukan sedikit konfigurasi, dengan mengizinkan akses untuk file apk yang berasal dari luar google play untuk bisa terinstall, Masuk ke Pengaturan kemudian Security/privasy aktifkan "Unknown Source".

Step 4: Proses installasi FramaRoot telah selesai, silahkan bukan aplikasi tersebut, selanjutnya. anda akan melihat beberapa option, pada menu “Select an action to execute after root“, Silahkan pilih “install Superuser” (rekomended).

Cara Root Smarphone Android dengan Aplikasi FramaRoot Tanpa PC1

Step 5: Pada Option selanjutnya, silahkan pilih “Gandalf“, secara otomatis Aplikasi ini akan mulai melakukan proses root pada perangkat anda.

Step 6: Sebaiknya anda bersabar menunggu hingga proses root selesai dan menampilkan sebuah popup dengan pesan “superuser and su binary installed. you have to reboot your device“. Silahkan tekan OK untuk reboot atau restar perangkat anda.

Cara Root Smarphone Android dengan Aplikasi FramaRoot Tanpa PC2

Step 7 : Setelah kondisi perangkat android anda kembali normal setelah proses reboot selesai, silahkan anda cari aplikasi dengan nama Super SU, buka aplikasi tersebut, selanjutnya pilih install binary mode normal.

Cara Root Smarphone Android dengan Aplikasi FramaRoot Tanpa PC3

Step 8 :  Setelah proses dari step 1 hingga ke 7, proses root telah selesai. dan selamat menikmati perangkat android dengan status rooted.

Disclaimer : Saya sebagai penulis artikel ini, tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun dengan mengikuti Cara Root Smarphone Android dengan Aplikasi FramaRoot Tanpa PC, jadi resiko anda tanggu sendiri, jika suatu hari perangkat anda rusak disebabkan melakukan root dengan mengikuti apa yang dijabarkan pada blog dan khususnya pada artikel ini.

Namun, meskipun anda tidak melakukan root perangkat android anda, anda tetap bisa merubah atau mengedit beberapa akspek pada sistem operasi, yang sebelumnya membutuhkan akses root, ini karena disebabkan kemajuan, pengembangan aplikasi di bidang developer. contohnya artikel ini
0 Komentar untuk "Cara Root Smartphone Android dengan Aplikasi FramaRoot Tanpa PC"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top