Pengertian dan Fungsi Root Pada Perangkat Berbasis Android OS

Pengertian dan Fungsi Root Pada Perangkat Berbasis Android OS - Jika anda pengguna perangkat android, dan kemudian mencari artikel tentang android di internet, pasti anda akan menemukan kata “Root” banyak berhubungan dengan system operasi miliki google ini.Yup, Android memang lekat dengan kata root, bisa dibilang tanpa root perangkat android kita belum sempurna.

Tapi, Anda mangan berpikir di artikel ini saya akan memberikan step by step cara untuk root perangkat android anda. karena saya hanya ingin memberikan pemahaman tentang apa itu itu root dan fungsi pada perangkat android.

Android di dunia ini memiliki vendor yang berbeda-beda, jadi masing-masing cara untuk root setiap smartphone android juga memiliki cara yang berbeda juga. Nah, root juga memiliki resiko bagi pengguna, resiko pertama adalah saat smartphone anda telah rooted, anda tidak bisa mengclaim garansi jika suatu hari perangkat anda rusak. karena root menghilangkan garansi pada perangkat android anda.

Begitu juga dengan versi os android, tidak semua versi OS android memiliki cara yang sama pada saat melakukan root, ini tergantung pada developer dan hacker yang merilis tools/aplikasi root.


Perngertian Root : Root kalau dibahasakan berarti akar, secara umum root adalah sebuah hak tertinggi pada sebuah sistem atau biasa disebut Andmistrator/SuperUser pada sistem operasi berbasis linux/unix, untuk mengakses,merubah, memindahkan semua file dalam sebuah sistem Tanpa batas. Kenapa Linux/Unix? Karena Android merupakan adaptasi dari systema operasi linux, meskipun sudah mengalami banyak perubahan dari sisi kernel.

Fungsi Root : Dari pengertian diatas, mungkin sudah bisa anda banyangkan, bagaimana fungsi root pada perangkat android anda. Jadi perangkat android yang telah rooted ( istilah untuk perangkat android yang telah diroot). anda bisa bebas mengakses, mengembangkan, menambahkan fitur yang tidak ada dalam OS bawaan vendor, menginstall aplikasi keren yang bisa didapatkan dengan syarat root.

Nah, Sampau disini saya harap anda sudah paham tentang apa itu root beserta fungsinya, dan perlu diketahui semua pengguna smartphone berbabasis android wajib tahu istilah ini.
0 Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Root Pada Perangkat Berbasis Android OS"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top