Beberapa Cara Mengupdate versi iOS di iPhone, iPad dan iPod Touch

Beberapa Cara Mengupdate versi iOS di iPhone, iPad dan iPod Touch - Apple yang menjadi perusahaan dibalik suksesnya perangkat iOS hingga saat ini, melakukan terus pembaruan pada sistem operasi mobile mereka pada demi menghadirkan pengalaman baru untuk setiap pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch di seluruh dunia, inilah alasannya mengapa versi iOS sering mendapatkan Update dari Apple.

Selain menghadirkan berbagai fitur baru di setiap pembaruan versi iOS di iPhone, iPad dan iPod Touch, tujuan lainnya adalah perbaikan bugs, meningkatkan stablitas dan performa pada sistem operasi, terkadang juga hanya memperbaiki celah keamanan agar komunitas jailbreak tidak bisa lagi melakukan eksploit terhadap iOS tersebut dan tidak memungkinkan lagi untuk melakukan jailbreak.

Tapi perlu anda ketahui, setiap perangkat memiliki masa dan keterbatasan untuk menerima pembaruan iOS dari Apple, bukan karena Apple tidak memperdulikan lagi pengguna perangkat tersebut, Namun, memang keterbatasan hardware yang tidak mampu untuk menjalankan iOS yang lebih tinggi. sehingga jalan satu-satu adalah dengan menganti perangkat iOS anda ke model yang lebih baru.

Beberapa Cara Mengupdate versi iOS di iPhone, iPad dan iPod Touch

Sebagai contohnya, iPhone 3Gs yang hanya bisa menjalankan iOS 6 tepatnya iOS 6.1.6 dan iPhone 4 yang hanya bisa menjalankan iOS 7, tepatnya di iOS 7.1.2, memang keterbatasan ini, menyebabkan pengguna untuk mendownload dan menginstall beberapa aplikasi dari Appstore, karena sekarang kebanyakan aplikasi tersebut tidak mendukung lagi iOS versi lama. Dan seperti yang kita ketahui bersama, saat ini sistem operasi terbaru dari Apple saat ini adalah iOS 8 tepatnya iOS 8.2, dan hanya tersedia untuk beberapa perangkat saja yang dapat kompatibel dengan iOS 8.

Jika anda memiliki iDevice yang masih menggunakan iOS versi lama namun, ingin memperbaruinya ke versi yang lebih baru, artikel ini akan menjelaskan secara umum metode yang digunakan untuk Mengupdate versi iOS di iPhone, iPad dan iPod Touch, Cara ini tidak terbatas pada versi iOS tertentu saja, namun secara universal. Sebelum anda melakukan ini, sebaiknya Backup semua data-data anda menggunakan iTunes atau iCloud, karena beberapa metode dibawah ini akan membuat perangkat menjadi fatory reset yang artinya menjadi seperti semula pada saat pertama kali anda membelinya.

Cara Peratama: Mengupdate versi iOS dengan metode OTA atau Over The Air, yaitu pembaruan yang dilakukan langsung pada perangkat anda dan tidak membutuhkan komputer ataupun Laptop,  anda hanya butuhkan untuk menghubungkan perangkat anda dengan jaringan WIFI dengan koneksi yang cukup cepat dan stabil untuk mendownload dan menginstall file iOS.

Kenapa harus WIFI dan tidak menggunakan Paket data internet dari operator seluler?  ini sudah menjadi kebijakan Apple, lagian jika anda menggunakan paket data, secara otomatis kuota paket internet anda akan tersedot lumayan besar. Silahkan Buka Aplikasi Setting - General, selanjutnya pilih bagian Software Update, pada halaman ini anda akan melihat versi terbaru dari iOS yang tersedia untuk perangkat anda.

Cara Kedua: Melalui iTunes (Otomatis), Untuk metode ini, anda membutuhkan sebuah komputer yang terhubung dengan internet, Windows Ataupun OS X sebenarnya tidak masalah, karena aplikasi iTunes tersedia pada kedua sistem operasi ini. Namun, gunakan versi iTunes yang paling terbaru, karena versi lama biasanya tidak bisa melakukan pembaruan.

Hubungkan perangkat anda (iPhone, iPad atau iPod Touch) menggunakan kabel USB asli (Bukan Abal-abal) ke Komputer atau Laptop, selanjutnya buka aplikasi iTunes, biasanya anda akan mendapatkan sebuah notifkasi jika versi terbaru iOS telah tersedia untuk perangkat anda dan silahkan klik Tombol "Download dan Install" selanjutnya anda hanya perlu sabar dan menunggu hingga proses ini selesai, jika tidak iTunes tidak menampilkan pesan ini, silahkan klik tombol "Check For Update".

Cara Ketiga: Melalui iTunes (Manual), Sebenarnya metode ini mirip dengan Cara kedua karena tetap menggunakan aplikasi iTunes dan dilakukan di komputer, akan tetapi file firmware iOS tidak didownload melalui iTunes alias terpisah, anda bisa mendapatkan file firmware iOS veri terbaru dari web atau blog yang menyediakan link downloadnya, termasuk blog ini atau blog sebelah, banyak selain lebih cepat karena bisa menggunakan sofware download manager, biasanya cara ini dibutuhkan sebelum melakukan jailbreak di di iDevice.

Setelah file iOS selesai anda Download, saatnya melakukan install pada perangkat anda, Sambungkan perangkat anda ke kompouter atau laptop, buka aplikasi iTunes seperti biasanya, selanjutnya untuk Windows tekan dan tahan tombol "Shift" yang terdapat pada keyboard, dan untuk OS X tekan dan Tahan tombol "Option" pada keyboard, sambil tetap menahan tombol ini (tergantung komputer anda), klik tombol restore yang terdapat pada iTunes, secara otomatis sebuah jendala baru akan tampil untuk mencari file firmware iOS yang telah anda download, temukan file tersebut dan Klik "Open", Pada proses ini hanya perlu bersabar untuk menunggu proses install hingga selesai.
0 Komentar untuk "Beberapa Cara Mengupdate versi iOS di iPhone, iPad dan iPod Touch"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top