Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (Preinstalled App) Smartphone Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (Preinstalled App) Smartphone Android - Saat anda baru pertama kali membeli smartphone android merek apapun, pasti anda akan menemukan beberapa aplikasi bawaan atau yang lebih dikenal dengan istilah preinstalled. Mungkin anda masih bingung dengan apa dimaksud dengan Preinstalled atau preloaded, yaitu aplikasi pihak ketiga yang diinstall dalam sistem inti oleh vendor yang merilis smartphone Android. Aplikasi-aplikasi ini pada umumnya juga terdapat di Playstore, Namun tidak bisa anda hapus atau uninstall dengan cara biasa, dan memang dengan adanya aplikasi bawaan ini, pengguna tidak perlu lagi mendownloadnya melalui Playstore, sehingga menghemat waktu dan dan kuota data internet anda.

Tapi yang jadi masalah, tidak semua aplikasi preinstalled tersebut anda butuhkan dan dianggap hanya memenuhi ruang penyimpanan memori di smartphone android anda.  Terlebih jika memori internal perangkat android yang anda miliki terbilang kecil, belum lagi ditambahkan lagu-lagu kesukaan dan foto yang akan disimpan nanti. Tentunya ini menjadi masalah yang cukup memusingkan anda. Biasanya pengguna mengakali masalah ini dengan menambahkan memori ekstenal, tapi hal tersebut harus mengeluarkan sejumlah biaya tambahan.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (Preinstalled App) Smartphone Android
Selain membuat ruang internal memori anda penuh, dengan banyak aplikasi preinstalled, juga mempengaruhi kinerja perangkat dan membuatnya terkesan lambat, karena pastinya aplikasi tersebut akan ikut mengkomsumsi RAM juga. Jika anda tidak butuhkan mengapa anda tidak menghapusnya saja, Tapi untuk bisa melakukan hal ini terlebih dahulu perangkat android harus sudah dalam keadaan Root. karena aplikasi yang akan digunakan untuk menghapus Aplikasi bawaan ini membutuhkan akses super user.

Ada banyak aplikasi yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan hal ini,  Tapi kita hanya membahas beberapa saja dan paling sering digunakan pengguna android untuk Menghapus Aplikasi Bawaan (Preinstalled App) Smartphone Android

1. Du Speed Booster (Gratis) Link

Du Speed Booster (Gratis)
Selain, mempercepat kinerja perangkat android anda, ternyata melalui aplikasi ini juga, anda bisa menghapus Aplikasi bawaan preinstalled yang terdapat di dalam sistem, tapi perlu anda ketahui, hanya perangkat android dengan status rooted yang bisa melakukannya. Buka aplikasi ini, kemudian anda memilih bagian App manager, selanjutnya Pilih "Uninstall",  disana akan terdapat 2 bagian, yaitu bagian "App" dan "System" untuk App, hanya menampilkan semua aplikasi yang anda download melalui Appstore dan bisa anda uninstall dengan cara biasa. untuk bagian System, terdapat semua aplikasi preinstalled atau preloader. Jadi silahkan anda mengahapus aplikasi yang tidak anda butuhkan dengan aplikasi Du Speed Booster. Aplikasi ini juga cukup aman, karena juga menampilkan aplikasi yang sama sekali tidak bisa anda hapus, atau jika anda paksa untuk menghapusnya maka sistem android anda akan error.

2. System App Remover (Gratis) Link

System App Remover (Gratis)
Penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah, karena anda hanya perlu menandai aplikasi mana saja yang anda unsintall kemudian menekan tombol uninstall yang terletak dibagian bawah layar, pada aplikasi System App Remover juga menampilkan keterangan "Should Keep" pada aplikasi tertentu yang berarti tidak boleh anda uninstall, Lalu bagaimana jika anda salah hapus aplikasi, tenang saja, System App Remover juga dilengkapi dengan Recycle Bin, Jadi anda bisa merestornya kembali seperti semula.

Mungkin cukup dengan 2 aplikasi tersebut, sudah bisa menghapus aplikasi bawaan preinstalled di perangkat anda. sebenranya masih ada beberapa aplikasi lainnya, tapi saya rasa sudah cukup. Sebaiknya anda hati-hati jika ingine menghapus aplikasi tertentu, karena bisa menyebabkan Smartphone android anda error.
0 Komentar untuk "Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (Preinstalled App) Smartphone Android "

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top