Cara Hapus atau Hilangkan Jailbreak pada iPhone dan iPad

Cara Hapus atau Hilangkan Jailbreak pada iPhone dan iPad - Menurut sebagian orang melakukan jailbreak pada perangkat iPhone atau iPad adalah suatu hal yang cukup menyenangkan, sebab pengguna bisa dengan mudah melakukan kostumisasi pada sistem operasi iOS yang berjalan pada perangkat, seperti mengganti tema, menginstall tweak dengan fungsi tertentu, sehingga menjadikannya berbeda dari perangkat standar, Tapi karena jailbreak juga memiliki resiko yang bisa membuat iPhone anda menjadi crash atau hang, banyak pengguna yang merasa jailbreak cukup berbahaya, apalagi Apple akan membatalkan setiap garansi perangkat iOS yang rusak dalam kondisi jailbreak.

Mungkin saat ini anda memiliki iPhone dan iPad dalam kondisi jailbreak, dan berfikir untuk menghilangkan jailbreak pada perangkat tersebut, dengan alasan tertentu. anda bisa dengan mudah melakukannnya, karena jailbreak berada pada perangkat lunak dan tidak bersifat permanent, Tapi perlu anda ketahui untuk menghilangkan jailbreak, sangat tidak direkomendasikan anda melakukan "erase all content and settings" yang terdapat pada Setting, karena bisa menyebabkan perangkat anda terjebak pada logo Apple atau recovery mode dalam kondisi yang lama. Biasanya pengguna berfikir jika melakukan tindakan tersebut akan mengembalikan perangkat mereka dalam kondisi seperti semua, Tapi cara tersebut hanya berlaku untuk perangkat standar saja.

Cara Hapus atau Hilangkan Jailbreak pada iPhone dan iPad
Cara yang benar adalah melakukan restore atau update untuk menghilangkan jailbreak di iPhone atau iPad, semua itu harus anda lakukan dengan bantuan aplikasi iTunes yang terinstall pada komputer atau laptop dan terhubung dengan internet. ada 2 metode yang bisa anda pilih untuk melakukan restore atau Update. Tapi sebelum anda melakukannya sebaiknya backup data-data yang terdapat di iPhone atau iPad anda saat ini melalui aplikasi iTunes atau iCloud.

Step 1: Silahkan anda download dan install iTunes di komputer atau laptop anda terlebih dahulu, pastikan anda menggunakan versi terbaru, untuk mendapatkan filenya anda bisa mengunjungi webiste Apple. Namun jika anda telah memiliki iTunes versi terbaru di komputer atau laptop anda, silahkan anda lewati bagian ini.

Step 2: Hubungkan perangkat (iPhone atau iPad) anda ke komputer atau laptop melalui kabel USB orginal, hindari menggunakan kabel usb palsu, saat prores restore atau update iOS di perangkat anda, karena dapat menyebkan kagagalan, kebanyakan kabel usb non orginal memiliki ketidak stabilan arus.

Step 3: Biasanya saat perangkat anda telah terkoneksi dengan komputer, aplikasi iTunes akan terbuka dengan otomatis, jika iOS versi terbaru telah rilis, anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang itu, Silahkan anda pilih download dan install. Namun, jika versi iOS yang anda gunakan paling terbaru dan tidak mendapatkan pemberitahuan tersebut, silahkan anda pilih restore. Selanjutnya, anda hanya perlu menunggu hingga proses download dan install iOS di perangkat anda selesai, biasanya lama waktu yang digunakan bergantung pada kecepatan koneksi internet anda.

Step 4: Setelah proses update telah selesai semua aplikasi dan pengaturan termasuk jailbreak dan aplikasi cydia yang terdapat pada iPhone atau iPad anda akan hilang dan kembali seperti semula saat pertama kali anda membelinya, selanjutnya anda bisa mengembalikan data-data anda yang sebelumnya telah anda backup melalui komputer atau iCloud, anda juga dapat memilih set sebagai perangkat baru.

Mungkin metode yang dijelaskan diatas akan membuat anda menunggu lama saat proses update atau restore, karena file ipsw untuk iOS terdownload melalui iTunes. Tapi anda bisa mendownload file ipsw secara terpisah, dan nantinya file tersebut bisa anda digunakan untuk merestore atau mengupgarde iOS ke perangkat anda melalui iTunes. Keuntungan menggunakan metode ini adalah, prosesnya lebih cepat karena anda bisa menggunakan sofware download manager.

Step 1: Silahkan anda kunjungi situs ipsw.me, melalui browser komputer anda. disana anda bisa memilih file ipsw iOS yang akan anda download, sesusaikan dengan model perangkat anda. Dengan catatan pilih versi iOS paling baru atau masih open signing yang artinya anda masih bisa melakukan restore ke versi tersebut biasanya ditandai dengan warna hijau.

Step 2: Jika proses download ipsw iOS telah selesai, silahkan anda simpan file tersebut di desktop komputer anda, dan Apabila ekstensi file tersebut berubah menjadi "RAR" silahkan anda rename terlebih dahulu, dengan merubahnya menjadi ."ipsw", biasanya hal ini terjadi jika anda menggunakan aplikasi download manager.

Step 3: Selanjutnya, silahkan anda hubungkan iPhone, iPad atau iPod anda melalui komputer atau laptop, buka iTunes, jika tidak terbuka dengan otomatis, jika anda mendapatkan pemberitahuan tentang software versi terbaru silahkan anda abaikan. Kemudian pada keyboard tekan dan tahan tombol "Shift" untuk komputer windows dan "Option" untuk Mac OS X, dan klik tombol restore pada layar aplikasi iTunes, jendela baru untuk memilih file iPSW akan terbuka, silahkan anda pilih file ipsw yang anda download sebelumnya. Tapi pastikan komputer anda terhubung dengan internet saat proses ini berjalan, karena iTunes akan melakukan verfikasi ke server Apple, untuk memastikan jika versi file iPSW untuk melakukan restore/update kompatibel dengan perangkat anda anda.

Jailbreak menjadi satu kata yang sangat erat berkaitan dengan perangkat iOS, seperti iPhone, iPod atau iPad, dengan jailbreak pengguna dapat menginstall aplikasi atau Tweak yang tidak ditemukan di App Store milik Apple,  sebenarnya tujuan jailbreak adalah meginstall aplikasi Cydia yaitu sebuah tokoh aplikasi pihak ketiga, yang diciptakan oleh saurik atau jayfreeman,
0 Komentar untuk "Cara Hapus atau Hilangkan Jailbreak pada iPhone dan iPad"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top