Cara Reset Ulang Ponsel Android ke Pengaturan Awal (Factory Reset)

Cara Reset Ulang Ponsel Android ke Pengaturan Awal (Factory Reset) - Pastinya anda pernah mendengar istilah factory reset dalam kamus Android yang mungkin pernah anda temukan di internet,  jika di artikan Factory Reset adalah mengembalikan pengaturan awal perangkat android ke standar pabrik atau pada saat anda menggunakannya saat pertama kali. Jika anda melakukan Factory Reset atau reset ulang, maka semua data-data seperti Aplikasi yang anda download dari play store akan terhapus termasuk akun google anda.

Mengapa harus melakukan reset ulang pada perangkat andaroid, karena metode ini menjadi salah satu cara untuk memperbaiki perangkat android yang sering mengalami crash atau lambat yang disebabkan oleh pengguna yang sering menginstall dan menghapus aplikasi, sehingga aplikasi yang telah dihapus menyisahkan berbagai macam jenis file yang tidak dibutuhkan, dan tentu saja semua file-file tersebut akan mempengaruhi kecepatan perangkat android dalam merespon.

Cara Reset Ulang Ponsel Android ke Pengaturan Awal (Factory Reset)

Setelah anda berhasil melakukan Factory Reset atau mereset ulang perangkat android, Anda akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan, sebab semua data-data yang menganggu performa android akan akan hilang, sehingga smartphone anda akan terasa seperti baru, yang tersisah di perangkat anda hanya aplikasi bawaan dari vendor yang merilis perangkat tersebut. beberapa kasus bisa diperbaiki dengan Factory Reset seperti perangkat yang hang, sering restar dengan sendirinya.

Selain alasan yang disebutkan diatas, melakukan Factory Reset sangat penting, jika suatu hari anda akan menujual perangkat anda ke orang lain, tentu saja anda tidak menginginkan data-data pribadi anda digunakan oleh orang yang membeli perangkat android anda nantinya.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mereset ulang ponsel android anda,  yaitu data-data yang dianggap cukup penting di storage internal, seperti foto, video dan musik, anda bisa membackupnya dengan menyambungkan perangkat android menggunakan kabel USB ke komputer atau laptop, dan memindahkan semua data tersebut.

Step 1: Pada perangkat Android anda, silahkan buka Aplikasi Setting,

Step 2: lalu, pilih pada bagian Backup & Reset, kemudian anda pilih lagi di bagian "Factory Data Reset"( Erases All Data On Phone).

Step 3: Selanjutnya, anda hanya perlu hingga proses ini selesai, perlu diperhatikan juga kondisi baterai anda, sebaiknya harus dalam keadaan penuh atau diatas 80%.

Mungkin jika anda menerapkan metode Factory Reset diatas, anda akan menemukan sedikit perbedaan ini di sebabkan karena merek dan vendor yang merilis masing-masing perangkat juga terdapat perbedaan. berbeda dengan perangkat samsung untuk melakukan Factory Reset yaitu dengan cara mengakses Setting - Privacy -Factory Data Reset. kebetulan saya menggunakan Asus zenfone 5 untuk tutorial ini.

Masih ada cara lain untuk Mereset Ulang Ponsel Android, yaitu melalui recovery mode, akan tetap perlu anda ketahui jika masing-masing merek juga terdapat perbedaan untuk mengakses recovery mode. untuk itu silahkan anda baca artikel cara masuk recovery mode di perangkat android.

Untuk mengakses recovery mode pada Asus zenfone 4.5.6 dan yaitu dengan menonaktifkan terlebih dahulu perangkat tersebut, kemudian menekan tombol power dan volume up secara bersamaan hingga logo Android berwarna hijau muncul, selanjutnya pengguna bisa memilih menu dengan menekan tombol up dan down.

Untuk melakukan Reset Ulang Ponsel Android ke Pengaturan Awal (Factory Reset), pengguna bisa memilih menu " Factory Rese" dengan menekan tombol power, selanjutnya seperti biasa pengguna hanya perlu menunggu hingga proses ini selesai dan perangkat anda masuk homscree dengan normal. Selamat Mencoba.
0 Komentar untuk "Cara Reset Ulang Ponsel Android ke Pengaturan Awal (Factory Reset)"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top