Cara Masuk DFU Mode di Perangkat iOS (iPhone, iPad, iPod)

Cara Masuk DFU Mode di Perangkat iOS (iPhone, iPad, iPod) - Postingan kali ini saya akan membahas tentang DFU mode atau singkatan dari "Device Firmware Update", Sebelumnya, kita sudah membahas tentang recovery mode di Perangkat iOS, Meskipun meskipun secara umum fungsi Recovery mode dan DFU mode hampir sama, tapi bentuk dan cara masuk ke dfu mode memiliki cara yang berbeda dibandingkan dengan recovery mode.

DFU mode adalah kondisi perangkat iOS yang sedang tidak memuat atau meload sistem operasi yang dikenal sebagai iOS, Jadi tampilan layar perangkat anda seperti Shutdown, Pada saat seperti ini perangkat tidak dapat anda gunakan, karena sesuai dengan fungsi dari Device firmware update (DFU mode),  Anda bisa mengubungkannya dengan Komputer atau laptop yang telah terinstall iTunes, untuk melakukan restore ke iOS yang sama (Jika masih signing) Atau meng-Upgrade ke versi iOS yang lebih baru.

Tapi, Bagaimana jika saya hanya mencoba untuk masuk ke DFU mode pada iPhone, iPad dan iPod Touch, tapi berniat melakukan restore ataupun Upgrade. Apakah saya masih bisa keluar dari DFU mode? jawabanya pasti masih bisa, anda hanya cukup menekan tombol power dan home secara bersamaan hingga perangkat anda mati dan kembali hidup kemudian menampilkan logo Apple, kemudian tunggu beberapa saat, Perangkat anda akan menyala dengan normal kembali.

Apa Fungsi Dari DFU mode? Jawbannya sudah sedikit saya jelaskan diatas, yaitu memposisikan perangkat iOS anda ke mode yang siap untuk melakukan restore ataupun Upgrade, dalam kasus lain, DFU mode juga dibutuh saat proses jailbreak dan Downgrade. sampai saat saya belum tahu pasti kenapa dfu mode dibutuhkan saat jailbreak, hanya hacker dan developer yang tahu :D

Cara Masuk DFU Mode di Perangkat iOS (iPhone, iPad, iPod)

Step 1 : Anda perlu menghubungkan perangkat anda ke komputer yang telah terinstall iTunes, dan usahakan anda menggunakan iTunes versi yang terbaru.

Step 2:  Matikan Terlebih dahulu perangkat anda, jika dalam kondisi menyala.

Step 3 : Selanjutnya, Tekan Tombol Power selama 3 detik atau hingga perangkat anda menampilkan logo Apple.

Step 4 : Jangan melepas tombol power, selanjutnya tekan tombol home selama 7-10 detik dan tampilan Logo Apple menghilang.

Step 5 : Saatnya melepas tombol power tanpa melepas tombol home, tetap tekan tombol home beberapa detik biasanya 10-15 detik atau sampai perangkat anda terdeteksi di iTunes

Step 6 : Anda akan melihat perangkat anda memiliki layar berwarna gelap, tapi tidak mati sepenuhnya.

Step 7 : Di iTunes, akan menampilkan pesan jika iPhone, iPad dan iPod Touch anda dalam kondisi recovery mode.

Nah, jika anda sudah melihat pesan tersebut di iTunes, berarti anda telah berhasil masuk ke dfu mode pada perangkat iOS anda. Silahkan Upgrade, Restore, Downgrade ataupun Jailbreak perangkat anda.
2 Komentar untuk "Cara Masuk DFU Mode di Perangkat iOS (iPhone, iPad, iPod)"

tolong bantuannya, sy sudah mengikuti langkah diatas tapi tdk ada muncul gambar DFU di ipad mini saya.. tolong bantuannya

thank you and it works for me ;)

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top