Apakah iPhone, iPad dan iPod Rusak Karena Jailbreak Bisa Diperbaiki?

Apakah iPhone, iPad dan iPod Rusak Karena Jailbreak Bisa Diperbaiki? -Bagi anda yang baru saja memiliki iPhone atau perangkat iOS lainya, kata jailbreak, mungkin anda akan sering temukan di situ/blog yang membahas tentang Perangkat Apple, Melakukan jailbreak di sistem operasi iOS pada iPhone, iPad atau iPod Touch bagaikan dua sisi koin yang berbeda, di sisi lain jailbreak memberikan keuntungan tersediri yang tidak bisa dicapai oleh perangkat lain yang non jailbreak, akan tetapi jailbreak juga memiliki sisi negatif dan resiko, salah satunya adalah pembatalan garansi dari Apple, jika ternyata perangkat anda rusak dalam kondisi jailbreak.

Biasanya penyebab iPhone, iPad atau iPod jailbroken menjadi bermasalah, karena pengguna biasanya menginstall aplikasi atau tweaks pihak ketiga melalui Cydia yang ternyata belum support dengan versi iOS yang digunakan, atau memperbarui versi iOS melalui OTA yang menyebabkan perangkat anda terjebak pada recovery mode atau .

Apakah iPhone, iPad dan iPod Rusak Karena Jailbreak Bisa Diperbaiki?
Pertanyaan yang sering dengar tentang pengguna baru perangkat iOS, tentang jailbreak, Apakah iPhone, iPad dan iPod Rusak Karena Jailbreak Bisa Diperbaiki?, jawabannya, tentu saja bisa, karena jailbreak hanya berada pada sisi software dan tidak berhubungan langsung pada perangkat keras atau hardware pada perangkat, jadi selama hanya sistem operasi yang mengalami error atau crash, semua bisa diperbaiki dengan cara melakukan restore iOS menggunakan iTunes melalui komputer atau laptop. Secara otomatis juga jailbreak pada pada perangkat tersebut hilang beserta masalah yang menjadi penyebab terjadinya error atau crash pada iOS.

Dengan kata lain, setelah anda melakukan restore/update iOS pada iPhone, iPad atau iPod, maka perangkat anda akan kembali seperti semula atau seperti saat pertama kali anda membelinya, ini menjadi alasan mengapa tidak ada jailbreak yang permanent di perangkat iOS, jika jailbreak menjadi permanent meskipun pengguna memperbarui atau merestore iOS di perangkat mereka, maka masalah yang disebabkan oleh jailbreak tidak dapat diperbaiki lagi.

Itulah sebabnya mengapa Apple akan terus merilis iOS versi terbaru untuk perangkat mereka, untuk menutup celah yang bisa gunakan oleh hacker atau komunitas, untuk memperkecil kemungkinan dapat jailbreak, karena Apple sebenarnya tidak suka dengan jailbreak, sehingga memberikan hukuman kepada siapa saja pengguna iOS yang melakukan jailbreak di iPhone, iPad atau iPod dengan membatalkan garansi dari perangkat tersebut, jika ternyata terjadi kerusakan.

Saran saya untuk anda yang baru saja menggunakan perangkat iOS dan baru mengenal dunia jailbreak, sebaiknya hindari menginstall terlalu banyak aplikasi atau tweaks dari Cydia, memang konten yang terdapat pada cydia dapat memberikan fitur lain yang tidak ditemukan pada perangkat standar atau non jailbreak, sehingga anda ingin mencoba lebih banyak tweaks atau aplikasi, hal tersebut juga dapat menyebakan masalah, karena semua yang terdapat di Cydia dibuat tanpa mengikuti standart penggunaan ram atau memori yang sesuai dengan panduan yang diberikan oleh Apple, sehingg bisa dengan mudah menciptakan crash atau error, bahkan dapat menyebabkan perangkat anda mengalami restar secara berulang-ulang.

Jailbreak memang sangat disukai oleh sebagian pengguna bahkan sangat dinantikan di setiap Apple merilis iOS versi terbaru, meskipun mereka telah mengetaui resikonya. Namun, melakukan jailbreak atau tidak sebenarnya bergantung pada keputusan setiap pengguna.
0 Komentar untuk "Apakah iPhone, iPad dan iPod Rusak Karena Jailbreak Bisa Diperbaiki?"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top