Cara Backup Data iPhone ke Kompter Menggunakan iTunes

Cara Backup Data iPhone ke Kompter Menggunakan iTunes - Jika pada postingan sebelumnya, telah dibahas cara backup data iPhone menggunakan icloud, pada postingan kali ini akan mebahas menggunakan iTunes, memang ada 2 cara untuk membackup data di perangkat iOS, selain menggunakan icloud, kekurangan icloud yaitu memiliki ruang storage yang terbatas dan jenis file yang bisa anda backup, berbeda dengan iTunes, selain ada beberapa jenis file dapat anda backup, juga yang dapat menyesuaikan dengan jumlah free storage di komputer atau laptop anda.

Paling banyak digunakan pengguna untuk Backup Data iPhone ke Kompter Menggunakan iTunes, sebelum melakukan restore atau mengupgrade perangkat mereka ke iOS terbaru, selain tidak membutuhkan koneksi internet, menggunakan metode iTunes juga lebih cepat dibandingkan icloud. File seperti foto, video, musik, kontak dan sms serta pengaturan seperti wallpaper akan tersimpan di komputer anda melalui iTunes.

Cara Backup Data iPhone ke Kompter Menggunakan iTunes
Setelah, anda berhasil melakukan restore iOS atau Upgrade iOS, anda bisa kembali mengembalikan data-data yang sebelumnya anda backup di iTunes, caranya mengembalikannya, dengan kembali menghubungkan iPhone, iPad dan iPod Touch anda menggunakan kabel usb, selanjutnya, pilih "file" kemudian " Device" pilih, restore from backup, pilih opsi dengan tanggal terakhir saat melakukan backup.

Selain digunakan untuk mencadangkan data-data di iPhone, iPad dan iPod touch, iTunes juga berfungsi sebagai manajemen data seperti memindahkan musik, foto/video dari komputer ke perangkat iOS, sekali sebagai satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan untuk mengupgrage dan merestore perangkat anda melalui komputer.

Untuk  Backup Data iPhone ke Kompter, silahkan anda mendownload aplikasi iTunes melalui website Apple atau iTunes.com, atau jika sudah terinstall, pastikan anda menggunakan versi terbaru, iTunes tersedia untuk windows dan mac os x dengan gratis.

Setelah anda mengsintall versi terbaru iTunes di laptop atau komputer, silahkan anda buka, kemudian hubungkan perangkat anda melalui kabel usb bawaan (orginal), tunggu hingga iTunes mendeteksi perangkat anda. setelah itu buka File -> Devices -> Transfer Purchases, untuk memindahkan semua item yang telah anda beli dari iTunes atau App Store dari iPhone ke komputer.

Apakah proses backup telah selesai, belum, sebab masih satu step lagi, yaitu mencadangkan semua file seperti musik, foto, kontak dan semua pengaturan yang telah anda set sebelumnya di perangkat anda, silahkan buka kembali File > Devices kemudian "Back Up". proses ini langsung bekerja, jadi silahkan anda menunggu beberapa menit hingga selesai.

Perlu anda ketahui jika iPhone, iPad dan iPod Touch yang menjalankan iOS 9, tidak bisa lagi memindahkan item aplikasi yang anda download dari Appstore ke komputer, artinya anda tidak bisa mencadangkan file .IPA,  karena adanya fitur app thinning, untuk penjelasan mengenai apa itu app thinning di iOS 9 akan dibahas pada arikel selanjutnya.
2 Komentar untuk "Cara Backup Data iPhone ke Kompter Menggunakan iTunes"

sekarang udah gak bisa backup file .ipa lagi ya,
pantes saya coba pake itools terbaru pun gak bisa,
solusi nya apa ya gan /
gak praktis juga kalau harus download lagi dari internet kalo abis upgrade+jb

kyknya sampe saat ini belum ada solusi, penyebabnya karena adanya app thinning, saya akn jelaskan di artikel berikutnya tentang fitur tersebut

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top