Memahami Fungsi Bluetooth Pada iPhone, iPad dan iPod Touch

Memahami Fungsi Bluetooth Pada iPhone, iPad dan iPod Touch - Dulu, sebelum smartphone khusunya iOS hadir di kehidupan kita, Bluetooth menjadi sebuah fitur yang cukup penting dalam menggunakan handphone sehari-hari, karena pengguna bisa membagi konten mereka ke perangkat lain dengan mudah, seperti Musik, video, dan foto. Tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. karena fitur sudah hadir secara dafault.

Bluetooth yang terdapat pada iPhone, iPad dan iPod touch, cukup membuat pengguna baru dari perangkat iOS device ini kebingungan dan kerepotan, karena ketika mereka mencoba untuk membagi atau menerima file dari perangkat lain seperti android, nokia atau blackberry ternyata tidak bisa dilakukan.  ini karena user baru, tidak memahami Fungsi Bluetooth Pada perangkat mereka dan terjebak pada konsep lama yaitu menganggap jika semua konten yang terdapat pada perangkat mereka bisa dengan mudah dibagikan dengan fitur Bluetooth.

Meskipun, saat ini perangkat Android masih mengadopsi, konsep lama, dengan memungkinkan pengguna untuk menggunakan Bluetooth untuk membangi konten mereka ke perangkat lain, Namun, berbeda dengan perangkat iOS. di perangkat buatan Apple ini, anda tidak bisa begitu saja membagi konten anda, karena Apple memiliki alasan tersendiri yang terkait dengan copyright.

Lalu, adakah cara lain, agar fitur Bluetooth bisa digunakan di smartphone Apple? jawabannya ada, tapi anda terlebih dahulu harus melakukan jailbreak, dan mendownload sebuah aplikasi dan tweak yang terdapat pada toko aplikasi Cydia. Namun, terkadang beberapa pengguna tidak ingin mengambil resiko dengan jailbreak, karena efek jailbreak sendiri akan menghilangkan status garansi dari perangkat anda.

Memahami Fungsi Bluetooth Pada iPhone, iPad dan iPod Touch
Jika demikian, mengapa Apple masih menghadirkan fitur Bluetooth di smarphone atau tablet mereka? mungkin anda memiliki pertanyaan seperti itu, okey, silahkan anda simak fungsi Bluetooth yang sebenarnya di iOS device di bawah ini.

Pertama : Bluetooth di iPhone, iPad dan iPod Touch, digunakan untuk menghubungkan keyboard, headset dan speaker. saat ini sudah banyak merek dari keyboard, headset dan speaker yang sudah support dengan sambungan Bluetooth dengan dukungan A2DP,  Jadi tak terbatas pada merek tertentu saja. contohnya jika anda memiliki headset Bluetooth anda bisa menghubungkannya dengan iPhone anda untuk sekedar mendengarkan lagu atau menggunakannya saat melakukan panggilan asalkan headset tersebut sudah suppor dengan sambungan A2DP.

Kedua : Bermain Game dengan lokal multiplayer game, jadi jika anda orang yang senang bermain game, anda bisa menghubungkan perangkat anda ke perangkat lain milik teman anda, hanya dengan  mengaktifkan Bluetooth masing-masing dan bermain game bersama, tanpa harus terhubung dengan wifi, karena terkadang layanan wifi tidak selalu tersedia pada setiap tempat. Tapi sayangnya, sudah banyak game-game yang sudah tidak support lagi dengan fitur ini, karena para developer game di iOS sepertinya lebih memilih untuk menggunakan wifi untuk bisa bermain lokal multiplayer game dibandingkan dengan Bluetooth.

Ketiga :  Menggunakan Bluetooth sebagai personal hostpot. dahulu, sebelum iPhon 4 dirilis beberapa tahun lalu dan mendungkung internet thetering dengan wifi.  salah satu konektivitas yang bisa anda gunakan untuk membagi jaringan internet anda, salah satunya adalah Bluetooth, keamanan dari fitur ini cukup kuat, karena setera dengan WPA2 yang ditemukan pada wifi, jadi hanya perangkat yang sudah dikenali dan melakukan pairing yang bisa menggunakan hostpot Bluetooth ini.

Setelah anda membaca uraian dari fungsi Bluetooth yang terdapat pada iOS device, apakah anda menemukan jika Bluetooth di iPhone atau iPad bisa digunakan untuk mentransfer file? seperti tidak ada. jadi, saya harap anda paham dan tidak berharap begitu banyak pada fitur Bluetooth untuk membagi konten anda di iPhone. di Appstore sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa anda download dengan gratis ataupun banyar untuk menutupi keterbatasan ini. Mungkin pada artikel selanjutnya saya akan membahas aplikasi apa saja yang tepat untuk anda gunakan sebagai pengganti Bluetooth di perangkat anda.
0 Komentar untuk "Memahami Fungsi Bluetooth Pada iPhone, iPad dan iPod Touch"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top