Apakah iOS di iPhone dan iPad Aman dari Virus atau Program Jahat?

Apakah iOS di iPhone dan iPad Aman dari Virus atau Program Jahat? - Mungkin bagi anda yang baru saja memiliki atau hendak membeli salah satu perangkat berbasis iOS seperti iPhone, iPad atau iPod touch, memiliki pertanyaan apakah perangkat buatan Apple ini aman dari virus atau program jahat lainnya seperti malware?.

Jika anda memiliki pertanyaa seperti itu di kepala anda. sepertinya wajar, karena mengingat sejarah sebelum era smartphone menguasai industri teknologi, banyak ponsel-ponsel terdahulu yang terjankiti oleh program jahat atau virus yang dapat merusak dan mengganggu sistem dan menyebabkan perangkat tersebut menjadi hang, rusak bahkan membuatnya crash.

Apakah iOS di iPhone dan iPad Aman dari Virus atau Program Jahat?

iOS adalah sebuah sistem operasi mobile, yang diciptakan oleh perusahaan Apple dan hanya bisa berjalan pada mesin tertentu saja, iOS sendiri merupakan turunan dari OS X yang terdapat pada Mac, yang tak lain adalah pengembangan dari sistem unix, berbeda dengan Android yang open source, iOS adalah OS mobile yang close source yang artinya hanya orang-orang atau di perusahaan Apple sendiri yang bisa melakukan modifikasi pengembangan terhadap sistem operasi ini.

Nah pertanyaannya Apakah iOS di iPhone dan iPad Aman dari Virus? jawabannya sangat aman dari virus atau program jahat lainnya, kenapa? karena Apple sendiri yang menjadi Antivirus dari iOS, sehingga bisa memastikan, menjaga kemanan dari ancaman program jahat yang merugikan para pengguna perangkat iOS seperti iPhone, iPad dan iPod Touch.

Bagaimana Apple bisa menjaga perangkat iOS tetap aman, jawabannya cukup sederhana, karena pengguna iOS (Non Jailbreak) tidak akan bisa menginstall file termasuk aplikasi dari sumber manapun kecuali melalui App Store dan sebelum developer atau pembuat aplikasi meluncurkan aplikasi buatan mereka di App Store, Pihak Apple akan melakukan review terlebih dahulu, biasanya beberapa hari untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut tidak mengandung kode jahat yang bisa merusak sistem. Setelah dipastikan Aman, maka aplikasi pihak ketiga buatan developer akan diterbitkan di App Store dan dapat diunduh oleh pengguna.

Lalu bagaiman jika iPhone atau iPad di sambungkan komputer atau laptop yang berbasis windows? seperti yang saya jelaskan diatas, iOS dan windows sangat berbeda, iOS adalah turunan dari Mac OS X, yang juga memiliki sistem yang berbeda dengan windows, jadi meskipun komputer atau laptop windows anda terdapat banyak virus, tetap tidak akan mempengaruhi iPhone atau iPad yang terhubung melalui kabel USB.

Namun berbeda dengan perangkat iOS jailbreak, pengguna dapat menginstall aplikasi pihak ketiga (Dari Cydia) di luar App Store, untuk mendapatkan fungsi dan fitur khusus yang tidak ditemukan di toko aplikasi Apple, karena dengan jailbreak bisa melepaskan perangkat anda dari batasan-batasan yang diberikan oleh Apple, sehingga memungkinkan program jahat seperti malware bisa berjalan di perangkat anda, dampaknya data pribadi yang sensitif dapat eksploitasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Akan tetapi ancaman tersebut bisa anda cegah dengan tidak sembarangan menginstall aplikasi atau tweaks dari Cydia apalagi melalui repo atau source yang tidak terpecaya.  Meskipun jailbreak memiliki manfaat pada pengguna perangkat iOS, akan tetapi jailbreak punya juga resiko terburuk.

Bahkan beberapa waktu lalu, Apple secara mengejutkan dan sepihak menurunkan semua aplikasi berbasis antivirus di toko aplikasi mereka yang dikenal sebagai App Store, mungkin saja, aplikasi dengan fitur tersebut tidak dibutuhkan pada perangkat iOS. sekaligus ingin lebih menyakinkan pengguna produk mereka jika iOS aman dari ancaman virus, malware dsb.
0 Komentar untuk "Apakah iOS di iPhone dan iPad Aman dari Virus atau Program Jahat?"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top