Pengertian dan Manfaat Jailbreak iOS pada iPhone, iPad dan iPod

Pengertian dan Manfaat Jailbreak iOS pada iPhone, iPad dan iPod - Para pengguna perangkat iOS mungkin sudah sangat mengenal istilah jailbreak, karena memang kata ini sangat erat kaitannya dengan sistem opersai mobile milik Apple (baca: iOS). Jadi apa yang dimaksud dengan Jailbreak iOS? sebuah proses yang dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan batasan-batasan yang diterapkan Apple pada perangkat mereka. batasan tersebut seperti pengguna tidak diizinkan menginstall aplikasi apapun diluar persetujuan Apple dan hanya boleh melalui Appstore.

Seperti yang kita ketahui, Apple sangat mengontrol ketat sistem operasi mobile mereka agar tidak bisa dieksploitasi oleh hacker dan developer, ini juga menjadi alasan mengapa iOS sangat aman dari serangan virus dan malware, ini dikarenakan perusahaan yang didirikan oleh steve jobs ini merupakan tameng utama dan menjadi penyaring setiap aplikasi di appstore yang dianggap bisa mengancam kemanan iPhone, iPad dan iPod Touch.

Jailbreak itu sendiri, memang memanfaatkan dengan mengeksploitasi kerentanan iOS, jadi bisa diartikan jika jailbreak melemahkan sistem operasi mobile, namun tidak semuanya, hanya beberapa bagian saja. masalah ini juga telah dibenahi oleh salah satu pakar kemananan yang tergabung dalam komunitas jailbreak, sehingga lebih menguatkan sistem securiti pada iOS jailbreak.

Pengertian dan Manfaat Jailbreak iOS pada iPhone, iPad dan iPod
 Perangkat iOS yang telah melalui proses jailbreak akan memiliki sebuah aplikasi tambahan, yang dikenal sebagai Cydia,  Aplikasi ini merupakan toko aplikasi dan tweak pihak ke-3 yang menawarkan berbagai fitur, fungsi dan tema untuk perangkat anda, yang tidak bisa anda temukan di Appstore milik Apple. 

Cydia merupakan sebuah aplikasi yang memiliki icon berwarna coklat dan diciptakan oleh Jay freeman atau lebih dikenal dengan nama Saurik, beliau adalah seorang developer handal asal Amerika Serikat yang menyelesaikan studinya di sebuah kampus di los angeles.

Tweak dan aplikasi tersebut berjalan langsung pada file sistem iOS, menambahkan langsung fitur dan fungsi pada inti sistem opersai, berbeda dengan aplikasi pihak ke-3 di Appstore yang hanya berjalan dipermukaan iOS saja atau lebih dikenal dengan user mobile.

Jika anda ingin mengatahui manfaatnya, dengan Jailbreak iPhone, iPad dan iPod anda memiliki fungsi dan fitur yang lebih luas jika dibandingkan dengan versi standar, ini karena anda bisa mendownload aplikasi dan tweak pihak ketiga melalui Cydia, semua item yang tersedia di cydia bisa anda download dan instal dengan gratis dan ada juga yang berbayar. Namun perlu anda ketahui jika semua itu, sebanarnya tidak mendapatkan persetujuan resmi dari pihak Apple sendiri.

Theme atau tema yang beragam dengan desain unik dan cantik, pada perangkat standar hal yang tidak mungkin adalah mengannti tema pada pada perangkat anda, Namun dengan perangkat jailbreak hal tersebut sangat mudah anda lakukan, anda hanya perlu mendownload sebuah aplikasi Winterboard atau dreamboard dari cydia, kemudian mencari tema sesuai selera anda yang bertebaran di Cydia, setelah mendownload, selanjutnya anda bisa mengaktifkan tema tersebut melalui winterboard atau dreamboard, biasanya diperlukan proses reboot atau restar sebagai syarat penerapan. uniknya lagi, anda bisa menganti tema sesuka hati tanpa batasan.

Bahkan iPhone SU ( yang terikat dengan kontrak pada operator tertentu) dengan baseband yang kompatibel bisa di Unlock dengan metode jailbreak. Selain itu dengan jailbreak anda juga dengan mudah menginstall aplikasi bajakan atau crack, dengan memanfaatkan fungsi Appsycn yang memungkinkan pengguna untuk mengisntall Aplikasi bajakan tanpa harus melalui proses download di Appstore.

Terlepas dari semua itu, ini tetap menjadi keputusan para pengguna perangkat iOS, ingin memanfaatkan jailbreak seperti apa kedepannya. meskipun terlihat menarik, Bukan berarti tidak ada resiko atau bahaya yang menanti jika menjailbreak perangkat anda. Pada postingan selanjutnya saya akan menjelaskan lebih rinci tentang resiko dan bahanya jailbreak pada perangkat anda.
2 Komentar untuk "Pengertian dan Manfaat Jailbreak iOS pada iPhone, iPad dan iPod"

apa saja aplikasinya yang bagus bagus di cydia

Nice info..
Izin copas dan share mas bro..

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top