Cara Menambahkan Fitur Assistive Touch Pada Perangkat Android

Cara Menambahkan Fitur Assistive Touch Pada Perangkat Android - Jika anda pernah menggunakan iPhone atau teman Anda memiliki iPhone, Mungkin anda tidak asing lagi dengan fitur bawaan perangkat berbasis iOS ini. Assistive Touch yang menjadi virtual untuk setiap tombol fisik di perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch. Fitur sangat bermanfaat karena bisa menjadi alternatif jika salah satu tombol tidak berfungsi dengan baik.

Nah jika anda pengguna ponsel pintar berbasis android, anda juga bisa menambahkan fitur Assistive Touch Pada Perangkat Android dan memiliki fungsi yang sama seperti yang terdapat pada iOS. karena Secara garis besar, fungsi fitur ini juga hampir sama yaitu sebagai tombol virtual di smartphone android. jadi jika anda memiliki tombol navigasi atau tombol power yang tidak berfungsi dengan baik, anda bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Sama seperti Assistive Touch yang terdapat pada perangkat iOS, aplikasi ini juga akan tampil disemua layar di smartphone android, meskipun anda membuka aplikasi atau bermain game. Jadi ada kemungkinan sedikit mengganggu anda jika sedang bermain game. Tapi menurut saya, fitur ini penting untuk membuat semua tombol hardware menjadi awet, karena mengurangi intensitas penggunaan tombol hardware.

Cara Menambahkan Fitur Assistive Touch Pada Perangkat Android
Karena rata-rata perangkat android memiliki tombol fisik yang lebih banyak, maka Assistive Touch  yang anda tambahkan juga meliputi hampir semua tombol hardware yang terdapat pada perangkat android seperti tombol home, back, menampilkan recent task dan volume up/down, bahkan memiliki beberapa fitur tambahan seperti indikator baterai. Namun, perlu anda ketahui, jika ada beberapa fitur Assistive Touch di android yang membutuhkan akses root agar bisa berfungsi secara penuh.

Jika anda tidak melakukan root sebelumnya, Assistive Touch juga bisa berfungsi dengan baik, hanya saja untuk mengambil screenshot menggunakan fitur ini mengharuskan akses root. Di play store, sebenarnya banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fungsi dan fitur ini, namun pada artikel kali ini saya hanya membahas salah satunya saja, Aplikasi tersebut adalah EasyTouch (Holo style).

Anda bisa mendownload menginstall EasyTouch (Holo style) dari play store dengan gratis, setelah proses install selesai, anda bisa melakukan konfigurasi sekaligus pentunjuk penggunaan yang terdapat pada aplikasi ini. Anda juga akan melihat sebuah tombol bulat berwarna biru (default) yang melayang pada home screen, jika anda menyentuhnya sekali, maka akan tampil beberapa menu, nah menu yang tampil ini bisa anda atur sesuka hati melalu panel setting pada aplikasi.

Satu lagi, yang perlu anda catat, setelah anda menambahkan Assistive Touch pada perangkat android anda, jika mengaktifkan fitur lockScreen yaitu untuk mengunci layar bahkan melakukan shutdown di android anda, secara umum aplikasi ini tidak bisa anda uninstall dengan cara biasa, melainkan melalui sebuah aplikasi tambahan pada yang akan tampil pada home screen anda untuk menguninstall aplikasi ini.

Selain itu, anda juga bisa mengganti tema untuk Assistive Touch, dan tersedia berbagai tema seperti animasi lucu yang berbayar dan gratis, berbeda dengan dengan iOS, Assistive Touch tidak bisa anda konfigurasi sesuka hati karena merupakan fitur bawaan, kecuali anda melakukan jailbreak.
0 Komentar untuk "Cara Menambahkan Fitur Assistive Touch Pada Perangkat Android"

Twitter Blog https://twitter.com/hyllal_h @hyllal_h

Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/AndroidiOSBlog

Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCXh7Qa62dlB5p_EG6FpR8mw

Back To Top